Friday, June 4, 2010

Bumbu Dapur, Asing Didengar tapi Akrab di Lidah (1)

Kita mungkin jarang mendengarkan nama nama asing dari bumbu bumbu masak berikut ini, tetapi mungkin saja kita sudah pernah merasakannya, berikut adalah nama nama bumbu bumbu yg cukup sering dipergunakan namun namanya mungkin asing ditelinga anda:

Pekak
Nama lainnya adalah bunga lawang, berbentuk bintang delapan, ujungnya berisi biji pipih, aromanya mirip adas dan harum. Banyak dipakai di dapur Cina atau Vietnam, dan beberapa masakan Indonesia.

Kapulaga
Fungsi utamanya, menambah aroma pada masakan, kue, dan minuman. Ada dua jenis kapulaga, yang putih banyak digunakan untuk masakan. Dan, yang hijau banyak dipakai untuk kue dan minuman. Memarkan atau haluskan kapulaga dan sangrai hingga harum sebelum dipakai agar aromanya prima.

Cabai Puyang
Tidak termasuk keluarga cabai, tapi rasanya yang pedas manis (mirip merica), membuatnya digemari sebagai bumbu gulai, acar, hingga manisan. Cara pakainya bisa dihaluskan atau ditambahkan utuh dan diolah bersama bumbu lain.

Angkak
Angkak basah mirip tapai ketan tetapi berwarna kemerahan, sedikit berair. Fungsinya menambah aroma segar dan warna merah alami pada daging yang dipanggang. Bisa juga langsung ditumis. Sementara, angkak kering cocoknya dihaluskan atau dicampur bersama bumbu lain lalu dimasak hingga lunak dan berwarna kemerahan.

Baca juga:
Bumbu Dapur, Asing Didengar tapi Akrab di Lidah (2)

No comments:

Post a Comment